Mengapa penting untuk membuat kronologi kasus?

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kronologi didefinisikan sebagai urutan waktu dari berbagai kejadian atau peristiwa.

Kronologi secara harfiah adalah urutan waktu dari sebuah kejadian atau peristiwa. Sedangkan kasus adalah sebuah peristiwa atau kejadian yang berkaitan dengan hukum. Jika disatukan kronologi kasus memiliki arti urutan waktu dari sebuah peristiwa hukum. Kronologi kasus biasanya berisikan tentang uraian waktu peristiwa yang biasa disebut sebagai fakta hukum. Fakta hukum tidak boleh berisikan opini ataupun kesimpulan si pembuat kronologi. 

Kronologi kasus yang lengkap akan memudahkan dalam proses pencarian bahan untuk memproses perkara secara hukum. Sangat penting untuk membuat kronologi kejadian selengkap-lengkapnya dan seterang-terangnya. Korban harus bisa menjelaskan bagaimana rentetan kejadian yang terjadi padanya di media sosial atau di platform digital lainnya.

Contoh Pembuatan Kronologi Kasus

 
No
Tanggal Kejadian
Waktu
Keterangan
Bukti
Catatan
1.
20 Agustus 2019 
17.32 WIB
Saya (nama korban) berkenalan dengan ____ melalui akun ____ kemudian kami berinteraksi melalui chatroom. 
Gambar 1 – 2 (bisa berupa screenshot fle/chat)  
Nama akun atau URL
2.
21-26 Agustus 2019 
21.22 WIB 
____ meminta nomor whatsapp saya (08787849xxx) dan obrolan berpindah ke WhatsApp. Sejak saat itu kami mengobrol dengan intens dan saya mulai percaya dengan niat baik pelaku untuk mengenal saya lebih baik. 
Gambar 3-5 (bisa berupa screenshot percakapan, termasuk yang berisi konten foto yang dikirimkan, lengkap dengan keterangan waktu di Whatsapp)
Nomor akun WA pelaku 
3.
dst…
    

Download template kronologi kasus (.doc) format, disini.