Press Release EmpowHER

FWD Insurance Terapkan Nilai Anti Kekerasan dan Pelecehan di Tempat Kerja dengan Community Conversation Program: EmpowHER

Jakarta, 19 Mei 2022 – Kesetaraan Gender merupakan tujuan penting dalam Sustainable Development Goals (SDGs), FWD sebagai salah satu promoter dari Tujuan 5 dalam SDGs senantiasa mengimplementasikan nilai-nilai kesetaraan gender bagi seluruh karyawannya. Salah satu cara FWD untuk menerapkan nilai kesetaraan gender adalah dengan diadakannya program pemberdayaan perempuan yang sudah berjalan dari tahun 2021 bernama: HERoic. Dalam program tersebut, FWD menggandeng komunitas yang berfokus pada isu-isu perempuan untuk memberikan pelatihan dan berbagi informasi kepada peserta program HERoic. Berbeda dengan pelaksanaan sebelumnya pada tanggal 19 Mei 2022 PT FWD Insurance menggandeng Bullyid Indonesia organisasi yang berfokus pada berfokus pada edukasi dan menyediakan layanan pelaporan serta konsultasi mengenai kekerasan berbasis gender, khususnya kekerasan seksual. 

 

“Ini adalah offline event pertama kali untuk program HERoic, kami sangat excited untuk mendengar materi dan sesi kegiatan interaktif yang sudah dipersiapkan oleh tim Bullyid. Untuk program HERoic Community Conversation ini memang kami memilih organisasi ataupun komunitas yang well-known dalam bidang harassment dan women empowerment” – Pramesti (Mesi), HR, People & Culture, FWD Insurance Indonesia.

 

Selain itu, Muhammad Meirza Anbiya, Head of OD, Learning & Talent Management FWD mengungkapkan bahwa dengan prinsip zero harassment at workplace dan menerapkan kesetaraan gender FWD jadi memiliki nilai investasi ESG (Environment, Social and Governance) yang tinggi yang merupakan daya tawar yang baik bagi para shareholdersnya. 

 

Adapun pemateri dalam acara tersebut adalah Agita Pasaribu selaku direktur eksekutif Bullyid Indonesia yang membawakan materi tentang kekerasan berbasis gender dan kekerasan berbasis gender online. Dalam sesinya, Agita mengajak peserta untuk memahami tentang bentuk-bentuk kekerasan berbasis gender dengan menggali pendapat dan pengalaman peserta lewat metode diskusi studi kasus dan curah pendapat. Selanjutnya, materi kekerasan berbasis gender diperdalam oleh Karel Karsten, Bullyid expert yang juga merupakan dosen Ilmu Psikologi di Universitas Pelita Harapan. Dengan judul “Overcoming Online Gender-Based Violence: How Can We Help?” Karel mengajak peserta untuk mengatasi dampak psikologis yang dialami baik ketika kita menjadi korban dan bagaimana cara untuk membantu untuk korban.

 

“Seneng banget karena temen-temen FWD sangat antusias, banyak bertanya dan bisa terbuka juga untuk berbagi pengalamannya. Bullyid Indonesia juga sangat mengapresiasi FWD yang mempromosikan Zero Campaign SDG 5, dengan memberikan report platform apabila terjadi misconduct activities at workplace, memberikan support psikologis yang termasuk bagian dari EAP hingga pelatihan kepada karyawan untuk dapat menciptakan inclusive and safer working environment for all. Menurut aku ini menunjukan kalau FWD benar-benar care dengan karyawannya” – Agita Pasaribu, Direktur Eksekutif Bullyid Indonesia